Besok, 10.080 Peserta PPPK Guru di Sumsel Akan ikuti Ujian Kompetensi

SUMSELNET.COM, Palembang – Sebanyak 10.080 peserta seleksi ujian kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan memperebutkan 7.400 formasi sebagai guru di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal itu di ungkapkan oleh Kabid Pendidikan dan Tenaga Pendidikan(PTK) Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Emzen SPd MM, Jumat(10/9/2021).

Emzen menjelaskan, 10.080 orang calon PPPK tersebut akan melakukan ujian kompetensi pertama pada 13-17 september 2021 mendatang.

“Guru SMA, SMK dan SLB yang mengikuti seleksi PPPK berjumlah 10.080 orang. Namun formasi yang diterima tahun ini berjumlah 7.400 orang,” ujarnya, Jumat(10/9/2021).

Lanjutnya, tes seleksi dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Bagi yang belum lulus, maka masih bisa ikut lagi pada tahun berikutnya. Namun, kebutuhan guru SMA, SMK dan SLB idealnya sekitar 8.000 lebih guru. Jadi sebenarnya, lanjut dia, kita kekurangan guru.

Emzen mengaku jika Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel telah selesai menggelar rapat koordinasi seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk jabatan fungsional guru tahun 2021 pada 9-11 September 2021 lalu di Hotel Beston.

“Selama ini rapat persiapan pelaksanaan seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk jabatan fungsional guru hanya dilakukan via zoom. Namun hari ini kita kumpulkan seluruh panitia penanggung jawab seleksi PPPK guru dari 17 kabupaten dan kota. Disini kita bersama membahas hal-hal yang akan dihadapi berkaitan dengan pelaksanaan PPPK,” paparnya.

Menurut Emzen, panitia penanggung jawab yang mengikuti rapat hari ini berjumlah 150 orang. Dalam rapat dijelaskan secara teknis pelaksanaan tes seleksi, diantaranya peserta tes wajib rapid test Antigen secara gratis.

Kepada guru yang mengikuti seleksi PPPK, Emzen berpesan agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

“Persiapkan diri dari segi ilmu, dan kesehatan dijaga jangan sampai saat tes jatuh sakit. Sebelum pelaksanaan tes, beberapa waktu lalu Kementrian Pendidikan sudah memberikan kisi-kisi soal untuk sarana pembelajaran bagi para guru. Pelajarilah itu dengan baik,” pumgkasnya.

(cca/cca)

Related posts

Leave a Reply