UNSRI Gelar Wisuda ke-163 di ikuti 880 Mahasiswa

Palembang, Sumselnet.com,- Universitas Negeri Sriwijaya (Unsri), Palembang melaksanakan wisuda ke 163 dan diikuti 880 mahasiswa. Dalam kesempatan itu, Rektor Unsri berpesan kepada mahasiswa yang sudah lulus dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

“Saya berharap mahasiswa yang sudah lulus dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Bukan hanya menjadi pekerjaan, atau bekerja dengan orang. Tapi dengan membuka lapangan bekerja sendiri. Tentu ilmu yang di dapatkan saat kuliah akan lebih bermanfaat, ” Kata Rektor Unsri Prof Dr Ir Anis Sanggaf saat di wawancarai kegiatan wisuda secara virtual di FH Unsri lantai delapan, Rabu (14/12/2022).

Dia melanjutkan salah besar jika tujuan utama kuliah untuk mendapatkan pekerjaan sebagai ASN semata. Sebab pekerjaan menjadi ASN itu hendaknya bukan menjadi tujuan akhir dari mahasiswa tersebut. Untuk kuliah agar dapat menjadi ASN itu baik. Tapi jangan semata-mata hanya mengejar menjadi ASN saja. Mahasiswa yang cerdas harus memiliki pola pikir luas. Harus bisa menciptakan peluang di berbagai kesempatan yang ada. Apa lagi saat ini zaman keterbukaan. Jadi semua akses dibuka untuk dapat memajukan segala bidang.

“Bukan menjadi ASN itu tidak baik. Hanya saja mahasiswa harus juga bisa menjadi seorang pengusaha, menjadi seorang wirausaha yang sukses. Kan dengan menjadi seorang pengusaha makan akan dapat menyerap tenaga kerja. Saya akan bangga jika semua mahasiswa dapat menciptakan lapangan pekerjaan, ” harapnya

Lebih lanjut Anis mengatakan, saat era tahun 70an di Indonesia ini. ASN dianggap sebagai salah satu pekerjaan yang tidak begitu diminati. Sebab ASN pada saat itu dianggap memiliki penghasilan yang paling minimal dibandingkan dengan pengusaha. Tapi pada era 90an hal ini berubah. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang bercita-cita menjadi seorang ASN. Nah saat ini hal tersebut harus diluruskan kembali. Dimana saat ini jumlah lulusan mahasiswa dibandingkan dengan peluang menjadi ASN sangat tidak imbang. Maka itu mahasiswa yang sudah tamat harus berusaha menjadi seorang wirausaha.

“Bukan berarti tamat kuliah harus duduk diruangan berAC sedangkan yang tamat SMA kerja diruang terbuka. Saya rasa hal ini tidak benar. Sebab kuliah bukan tujuan untuk mencari kerja semata. Bangku kukira untuk mendewasakan pola pikir, kematangan dalam perhitungan dan dapat mengambil peluang untuk menciptakan peluang usaha, ” pungkasnya ( Ocha)

Related posts

Leave a Reply