Tantang Pembalap Liar Jajal Sirkuit Gapo Bercahaya

Sumselnet, LAHAT – Event grasstrack Lahat Bercahaya Bupati Lahat Cup, Sabtu (10/12/2022). Resmi dibuka Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Bupati Lahat Cik Ujang SH Di sirkuit Garuda Dempo (Gapo) Bercahaya, Kabupaten Lahat.

Bupati Lahat Cik Ujang SH menegaskan agar event ini menjadi wadah silturahmi, rekreasi dan meraih prestasi. Adanya sirkuit ini pula agar para croser dapat menyalurkan hobinya sekaligus menjaring potensi- potensi croser sejak dini. “Bagi yang suka balapan liar dijalanan lebih balap disini. Karena sirkuit dan event ini agar para pembalap biisa menyalurkan hobi dan juga prestasi ,” ungkapnya. Seraya menambahkan akan menggelar event tahunan.

Read More

Lalu Gubernur Sumsel H Herman Deru mengungkapkan pihaknya mengapresiasi Pemkab Lahat dan TNI dalam upaya membangun sirkuit ini. Terlebih dari upaya agar anak- anak bisa menyalurkan hobinya agar lebih terarah. Seperti diketahui bahwa balap di jalan raya berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain.

Tak hanya itu, sirkuit ini pula sangat menarik. Lantaran dengan dibuat mengandalkan kontur alam namun sangat bagus. Hanya menyesuaikan trasenya.

“Untuk itu, kepada para croser berkompetisilah yang sehat. Bila menjadi pembalap profesional maka seluruh merk dan ATPM akan melirik,” ungkapnya. Seraya menambahkan pihaknya siap mendukung adanya agenda tahunan grastrack di Lahat untuk melombakan kejuaran hingga skala nasional.

Ketua IMI Kabupaten Lahat, Inawan SE mengatakan, untuk peserta akan diikuti seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumsel. Sudah ada lebih 100 peserta yang mendaftar, tapi untuk total bisa sampai 300 lebih stater. Karena satu peserta ada yang ikut tiga sampai empat kelas yang disiapkan.

“Ada 15 kelas yang diperlombakan. Mulai dari sport trail, bebek modifikasi, bebek standar, FFA 155 CC, adventure, dan bebek rbt lokal,” terang Inawan.

Inawan menambahkan, sirkuit garuda dempo bercahaya ini, jadi venue pertama yang sudah siap untuk perlagaan pekan olahraga provinsi (Porprov) Sumsel 2023 mendatang. Jadi sirkuit dengan cabang olahraga (Cabor) grasstrack pertama di ajang Porprov. Karena selama ini tiap ajang Porprov hanya ada cabor road race.

“Nanti ada tambahan kelas GTX, khusus bebek rbt lokal Lahat. Setiap kecamatan akan menyumbang dua croser untuk berlaga,” kata Inawan.Event ini sekaligus menunjukan bahwa salah satu venue yakni sirkuit garuda dempo bercahaya. Jadi venue pertama yang sudah siap untuk perlagaan pekan olahraga provinsi (Porprov) Sumsel 2023 mendatang. Serta menjadi sirkuit dengan cabang olahraga (Cabor) grasstrack pertama di ajang Porprov. Karena selama ini tiap ajang Porprov hanya ada cabor road race.(ar)

Related posts

Leave a Reply