Beri Pelatihan dan Motivasi Pelaku Usaha Mikro

Sumselnet, LAHAT – Dinas UMKM dan Koperasi dan Perusahaan PT Bukit Pembangkit Inovative (BPI) PLTU Banjar Sari memberikan pelatihan dan motivasi kepada pelaku usaha mikro sebagai mitra binaan.

Pelatihan diantaranya mengenai pembuatan laporan keuangan. Sementara untuk motivasi, pelaku usaha mikro didorong untuk terus berjuang dan melakuka inovasi.

Read More

Apalagi di era saat ini, digital marketing sangat dibutuhkan. Ditambahkan dengan inovasi- inovasi produk yang bisa menarik konsumen agar mau membeli.

“Siapa yang bertahan dia yang akan menang. Jadi teruslah berusaha,” ujar Sekdin UMKM dan Koperasi Lahat Ariyanti didampingi Kasi UMKM Yuliana, Sabtu sore (26/11/2022). Saat memberikan pelatihan kepala pelaku usaha mikro binaan PLTU Banjar Sari.

Selain itu, juga perlunya pencataan transaksi oleh pelalu UMKM setiap harinya. Lalu dibuat Laporan keungan perbulan dan tahunan.

“Agar bisa mengetahui perkembangan usaha maka perlunya laporan keuangan. Buatlah secara jujur,” tegasnya.

Sementara Faza Manager PT BPI PLTU Banjar Sari menambahkan agar adanya pelatihan ini mendorong agar mitra binaan terus berkembang dan naik kelas. Apalagi bantuan yang diberikan ialah hibah bukan pinjaman. Sehingga pelaku usaha mikro yang dibina bisa berkembang tanpa harus mengembalikan bantuan. “Yang kami harapkan ialah laporannya. Agar bsia dimonitor terus dan dievaluasi apa yang harus perusahaan berikan agar pelaku usaha bisa terus berkembang,” bebernya.

Sementara Rio pelaku usaha mikro susu kedelai, keripik kentang dan ayam ungkep menyatakan. Adanya pelatihan laporan keuangan dan motivasi ini sangat membantu. “Optimis bisnis UMK naik kelas,” tegasnya.(ar)

Related posts

Leave a Reply