Skrining HIV, Kondisi Kesehatan Warga Binaan Lapas Kayuagung Kemenkumham Sumsel Jadi Prioritas Utama

Lapas Kelas IIB Kayuagung Kemenkumham Sumsel bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten OKI melalui Puskesmas Kutaraya melakukan skrining human immunodeficiency virus (HIV) bagi para warga binaan di Lapas Kelas IIB Kayuagung, Rabu (24/8/2022).

SumselNet.com, OKI – Lapas Kelas IIB Kayuagung Kemenkumham Sumsel bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Puskesmas Kutaraya melakukan skrining human immunodeficiency virus (HIV) bagi para warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Poliklinik Lapas Kelas IIB Kayuagung, Rabu (24/8/2022).

Kepala Lapas Kayuagung Kemenkumham Sumsel Reza Meidiansyah Purnama melalui Kepala Sub Seksi Perawatan, Ardiansyah Sulistiawan mengatakan, diselenggarakannya skrining HIV ini bertujuan untuk deteksi dini terhadap kemungkinan munculnya penyakit HIV yang diderita oleh para WBP dan kegiatan ini merupakan kegiatan yang telah terjadwal sebelumnya.

Read More

Kalapas Reza Meidiansyah pun mengungkapkan ucapan terimakasih kepada pihak Dinkes OKI melalui Puskesmas Kutaraya yang selama ini telah bekerja sama dengan baik dalam mendukung pelayanan kesehatan bagi WBP Lapas dan menyampaikan apresiasi kepada tim kesehatan Lapas yang telah memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada WBP Lapas Kayuagung.

“Berbagai upaya harus kita lakukan dalam rangka menjaga kesehatan para WBP baik kita secara secara mandiri maupun dengan cara berkolaborasi dengan instansi terkait termasuk dengan Puskesmas Kutaraya sebagai salah satu solusinya akan segala keterbatasan yang ada dan tingkatkan terus berbagai upaya deteksi dini kesehatan bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” tutup Reza.

Sementara itu, perwakilan Puskesmas Kutaraya, Misnawati, Am.Keb, mengatakan, kegiatan skrining secara rutin pihaknya lakukan dalam rangka mendeteksi akan potensi seseorang terinfeksi HIV didalam tubuhnya.

Lapas Kelas IIB Kayuagung Kemenkumham Sumsel bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten OKI melalui Puskesmas Kutaraya melakukan skrining human immunodeficiency virus (HIV) bagi para warga binaan di Lapas Kelas IIB Kayuagung, Rabu (24/8/2022).

“Skrining ini perlu dilakukan secara rutin, baik seseorang yang beresiko maupun tidak agar infeksi HIV dapat dideteksi dan ditangani sejak dini sehingga kami dapat melakukan pemetaan sekaligus melakukan pengobatan agar tidak terjadi penularan kepada orang lain,” jelasnya.

“Memang disini sangat rentan ya karena kita lihat situasi dan kondisi mungkin karena satu blok padat penularan bisa dari udara dan batuk. Sekarang kita skrining ingin melihat bagaimana kondisi di sini bisa kita tanggulangi dengan baik,” imbuh Misnawati. (dhi)

Related posts

Leave a Reply