Lapas Kayuagung Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Puncak HDKD Ke-77

Kalapas Kelas IIB Kayuagung Kemenkumham Sumsel Reza Meidiansyah Purnama menjadi inspektur upacara pada puncak peringatan ke-77 HDKD Kemenkum-HAM RI di halaman Lapas Kayuagung, Jumat (19/8/2022). Foto: Humas Lapas Kayuagung.

SumselNet.com, OKI – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kayuagung Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel melaksanakan upacara peringatan ke-77 Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkum-HAM RI) di halaman upacara Lapas Kayuagung, Jumat (19/8/2022).

Bertindak selaku inspektur upacara, Kalapas Kayuagung Reza Meidiansyah Purnama. Ia membacakan amanat Menkum HAM RI Yasonna H Laoly. Turut hadir seluruh Petugas Lapas Kelas IIB Kayuagung. Tampak seluruh peserta upacara mengikuti jalannya upacara dengan penuh khidmat.

Read More

Mengawali Rangkaian Upacara dibacakan Sejarah singkat yang mengutip dari Sejarah Kemenkumham dari Masa ke Masa yang dikeluarkan oleh Menkumham pada tanggal 30 Oktober 2021.

Sebagai amanat, inspektur upacara membacakan sambutan Menkum HAM RI, Yasonna Laoly. Yasonna mengungkapkan hari ini adalah pertama kalinya Kementerian Hukum dan HAM yang kita cintai ini merayakan ulang tahunnya di tanggal 19 Agustus, yang semula pada tanggal 30 Oktober.

“Penetapan tanggal ini adalah hasil pengkajian, penelusuran sejarah, dan bukti-bukti autentik, serta hasil wawancara dengan sesepuh dan para pakar hukum pada tahun 2021 lalu, yang tentunya ini dapat dipertanggungjawabkan. Penetapan hari lahir Kemenkumham tersebut dilakukan semata-mata untuk meluruskan dan mengembalikan substansi Hari Lahir Kemenkumham RI pada sejarah yang benar,” ujar Reza saat membacakan sambutan Menkuhmam.

Petugas menaikkan bendera merah putih pada puncak peringatan ke-77 HDKD Kemenkum-HAM RI di halaman upacara Lapas Kayuagung Kemenkumham Sumsel, Jumat (19/8/2022). Foto: Humas Lapas Kayuagung/dhi

Ia menegaskan, upacara HDKD 77 tahun 2022 berjalan dengan aman dan tertib. Diharapkan dengan telah terselenggaranya kegiatan ini, dapat menjadi pemacu semangat bagi seluruh insan pengayoman untuk menjadikan Kemenkum-HAM RI lebih berprestasi di masa yang akan datang serta membantu Indonesia menjadi bangsa kelas dunia. (dhi)

Related posts

Leave a Reply