Lapas Kayu Agung Kemenkumham Sumsel Gandeng Dinkes Skrining Warga Binaan

SUMSELNET.com, OKI – Lapas Kelas IIB Kayu Agung Kemenkumham Sumsel bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melakukan deteksi dini terhadap penyakit menular melalui skrining dan tes penyakit Tuberkulosis (TBC) terhadap warga binaannya.

Kepala Lapas Kayu Agung, Reza Meidiansyah Purnama melalui Kepala Sub Seksi Perawatan Lapas Kayu Agung Kemenkumham Sumsel, Ardiansyah mengatakan pihaknya bergerak cepat menindaklanjuti arahan pusat terkait pelaksanaan skrining dan tes TBC bagi warga binaannya.

Read More

“Kegiatan skrining ini bertujuan dalam rangka deteksi dini kemungkinan munculnya penyakit TB yang diderita oleh para WBP dan kegiatan skrining merupakan kegiatan yang telah terencana sebelumnya kami Lakukan berbagai upaya sebagai deteksi dini kesehatan para warga binaan agar pelayanan kesehatan di Lapas Kayuagung optimal,” tuturnya.

Untuk skrining dan tes TBC dilaksanakan di klinik Lapas Kayuagung oleh tenaga medis Lapas Kayu Agung Kemenkumham Sumsel bekerja sama dengan Dinas Kesehatan.

“Dalam hal ini, kami melakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan pihak Dinas Kesehatan serta terus melakukan berbagai upaya deteksi dini kesehatan bagi para warga binaan pemasyarakatan, mencegah lebih baik daripada mengobati,” ujarnya.

“Apabila terdapat indikasi gangguan kesehatan terhadap WBP, maka akan dilakukan tindakan berupa pemisahan kamar hunian (kamar isolasi dan poliklinik) yang bertujuan untuk memutus penyebaran penyakit dan gangguan kesehatan dan mempermudah pemantauan serta pemulihan kondisi kesehatan oleh petugas medis Lapas Kayu Agung,” pungkasnya. (dhi)

Related posts

Leave a Reply