Napi Lapas Kelas IIB Kayu Agung Meninggal saat Dirawat di RSUD Kayuagung, Punya Riwayat Diabetes

Setelah sempat menjalani perawatan di RSUD Kayuagung, Ogan Komering Ilir, narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kayu Agung Kemenkumham Sumsel, TP (45), meninggal, Jumat (3/6/2022). Foto: integritasnews.com

SUMSELNET.com, OKI – Setelah sempat menjalani perawatan di RSUD Kayuagung, Ogan Komering Ilir, narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kayu Agung Kemenkumham Sumsel, TP (45), meninggal, Jumat (3/6/2022).

Napi asal Palembang itu meninggal dunia karena sakit dan diketahui sudah lama menderita diabetes berdasar rekam medis yang dimiliki oleh klinik Lapas.

Read More

Sebelum meninggal, TP terserang stroke hingga kondisi tubuhnya drop.

“Yang bersangkutan meninggal dunia di RSUD Kayuagung kemarin (Jumat) siang saat menjalani perawatan secara intensif. Jenazahnya sudah kami serah terimakan ke keluarga di Palembang dan mereka sudah menyatakan ikhlas,” ujar Kepala Lapas Kelas IIB Kayuagung Kemenkumham Sumsel, Reza Mediansyah Purnama melalui Humas, Juriko saat dihubungi via aplikasi whatsapp, Sabtu (4/6/2022) sore.

Juriko mengatakan, sejak pertama ditahan almarhum TP berdasar rekam medisnya sudah mengidap penyakit diabetes dan selama di Lapas juga rutin dilakukan pengobatan.

“Tetapi kemarin (jumat) pagi tiba-tiba dia terserang stroke hingga kondisi tubuh drop dan segera dibawa kerumah sakit,” jelasnya.

Juriko mengaku, sejauh ini upaya dari pihak kesehatan Lapas Kayu Agung terkait kesehatan almarhum TP dan para warga binaan pemasyarakatan lainnya sudah maksimal. Sebab Lapas memiliki bidang kesehatan khusus yang dinamakan Kaktonga (Kader Kesehatan Pertolongan Pertama) yang beranggotakan 5 petugas kesehatan.

“Petugas secara rutin memberikan perawatan dan pengobatan berkala setiap satu pekan sekali terhadap seluruh warga binaan,” ungkapnya.

Juriko menjelaskan, TP merupakan napi kasus penganiyaan pasal 351 asal Palembang yang menjalani hukuman pidana selama 1,8 tahun. (dhi)

Related posts

Leave a Reply