714 Warga Binaan Lapas Kayu Agung Kemenkumham Sumsel Mendapat Remisi Lebaran, Satu di Antaranya Langsung Bebas

SumselNet.com, OKI – Berkah Hari Raya Idul Fitri dirasakan oleh 714 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kayu Agung Kemenkumham Sumsel. Mereka mendapat remisi khusus hari Raya Idul Fitri Tahun 2022, bahkan satu di antaranya langsung bebas.

Pemberian remisi secara simbolis di Lapas Kelas IIB Kayu Agung Kemenkumham Sumsel dilaksanakan usai sholat Ied berjamaah di lapangan Lapas Kayu Agung, Senin (02/05). 

Read More

Pelaksanaan Sholat Ied sendiri berjalan aman, lancar serta khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang diikuti oleh warga binaan dan para pegawai Lapas yang beragama muslim.

Pelaksanaan sholat Idul Fitri 1443 H di lapangan Lapas Kelas IIB Kayu Agung Kemenkumham Sumsel

“Dari 714 WBP tersebut, 2 Orang WBP mendapatkan Remisi Khusus II (RK-II) 1 Orang Langsung Bebas dan 1 Orang belum bisa langsung bebas karena harus menjalani Subsider pengganti denda, rata-rata mereka mendapatkan masa pengurangan hukuman 15 hari hingga dua bulan,” jelas Kepala Lapas Kelas IIB Kayu Agung Kemenkumham Sumsel , Reza Meidiansyah Purnama didampingi oleh Kasi Binadik dan Giatja Andi Irawan bersama Kasubsi Regbimkemas Sugito dan Kasubsi Portatib Syaiful Hadi saat menyerahkan Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1443 H secara simbolis kepada perwakilan Warga Binaan Lapas Kayu Agung yang mendapatkan Remisi Khusus Hari Raya.

Usai penyerahan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI oleh Kalapas Kelas IIB Kayu Agung Kemenkumham Sumsel Reza Meidiansyah Purnama.

Kepala Lapas Kelas IIB Kayu Agung Kemenkumham Sumsel Reza Meidiansyah Purnama menuturkan bahwa pada tahun 2022 ini Kemenkumham mengeluarkan Permenkumham No.07 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua atas Permenkumham No. 03 tahun 2018  tentang Syarat dan Tata Cara pemberian Remisi, Asimilasi, CMK, PB, CMB dan CB.

“Sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi narapidana agar bisa mendapatkan remisi diantaranya, berkelakuan baik dan juga tidak dalam menjalani hukuman disiplin atau register F,” terang Reza.

Reza Meidiansyah Purnama juga menyampaikan bahwa pemberian remisi kali ini dapat menjadi motivasi narapidana untuk menjadi pribadi lebih baik dan bertanggung jawab yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari.

Pemberian remisi secara simbolis di Lapas Kelas IIB Kayu Agung Kemenkumham Sumsel dilaksanakan usai sholat Ied berjamaah di Lapangan Lapas Kayu Agung, Senin (02/05). 

“Remisi ini merupakan hak yang diberikan kepada warga binaan muslim untuk mendapatkan potongan masa hukuman pada hari Lebaran. Jika mereka tetap berkelakuan baik dan aktif pada program-program di lapas, maka akan diusulkan pada remisi berikutnya,” pungkas Kalapas Reza. (dhi)

Related posts

Leave a Reply