SDM Kunci Keberhasilan Pemerintahan Kelurahan

SUMSELNET.COM, Ogan Ilir – Sumber daya manusia yang berkualitas diyakini menjadi salah satu faktor penting untuk mendukung keberhasilan agenda pembangunan di daerah.

Begitupun halnya dengan SDM Perangkat Kelurahan yang merupakan elemen terpenting dalam roda pemerintahan kelurahan. Mereka adalah unsur staf yang bertugas membantu Lurah dalam penyusunan kebijakan.

Read More

“Untuk sukses dalam perencanaan pembangunan terutama di tingkat kelurahan kuncinya adalah menuntaskan atau membangun sumber daya manusia yang mampu bersaing secara kuantitas maupun kualitas,” kata Lurah Tanjung Raja, Nova Marina,SKM.,M.Si, saat dikonfirmasi media ini, Sabtu (11/12).

Nova menilai ada banyak aspek yang bisa mempengaruhi pembangunan di daerah, namun, semua bermula dari sumber daya manusia yang kompeten yang sesuai dengan kebutuhan.

Dia mencontohkan bahwa di Kelurahan Tanjung Raja yang dipimpinnya juga membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas demi efisiensi saat pembangunan.

“Maka, kurang lebih sebulan yang lalu, kami di kelurahan menggelar pelatihan peningkatan SDM perangkat kelurahan di lingkungan Kelurahan Tanjung Raja yang diikuti oleh sebanyak 70 peserta,” kata Nova.

Adapun para peserta pelatihan, lanjut Nova, merupakan para perangkat kelurahan seperti Kepala lingkungan, Ketua RT, Karang Taruna, LPM, KSM, lembaga adat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya.

Pemerintah kelurahan Tanjung Raja menargetkan hasil dari pelatihan SDM perangkat kelurahan dapat memberikan dampak yang positif bagi pembangunan di Kelurahan Tanjung Raja khususnya dan Kabupaten Ogan Ilir pada umumnya.

“Pembangunan hanya akan berjalan optimal jika secara simultan kita melakukan pembangunan sumber daya manusianya. Kedepan kita berharap para perangkat yang telah dilatih dapat melihat permasalahan yang terjadi wilayahnya masing-masing sebelum menentukan rencana pembangunan,” pungkas Nova. (ari/toni)

Related posts

Leave a Reply