Lapas Kayu Agung Gelar Donor Darah Dalam Rangka HDKD 2021

SUMSELNET.COM, OKI – Lapas Klas IIb Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan menggelar donor darah bagi pegawai di jajaran Lapas di ruangan Poliklinik Lapas Klas IIb Kayu Agung dan berhasil mengumpulkan sebanyak 20 kantong darah, Kamis (21/10/2021).

Kegiatan ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Ogan Komering Ilir yang dibantu dengan tiga tenaga medis dari Lapas Kayu Agung.

Read More

Digelarnya kegiatan donor darah ini dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021, dan merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kepala Lapas Klas IIb Kayu Agung, Reza Mediansyah Purnama menjelaskan kebiasaan mendonorkan darah ternyata memiliki segudang manfaat. Selain tujuan amal darah kepada orang lain yang membutuhkan transfusi darah.

“Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah,” jelasnya.

Dikatakan Reza, selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan dari mendonor darah.

“Antara lain bisa menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, mendapatkan kesehatan psikologis, dan mendeteksi penyakit serius,” pungkasnya. (dhi)

Related posts

Leave a Reply