Kakanwil Kemenkumham Sumsel Resmikan Dua Fasilitas Baru Lapas Kayu Agung

SUMSELNET.com, OKI – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan Indro Purwoko, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, meresmikan dua fasilitas sekaligus milik Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kayu Agung, Sabtu (28/8/2021).

Dua fasilitas yang diresmikan tersebut masing-masing Kantin Dapur Nyonyah dan Lapangan Tembak Lapas Klas IIB Kayu Agung.

Read More

Dalam sambutannya Indro Purwoko menyampaikan bahwa keamanan dan ketertiban yang kondusif dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) merupakan syarat utama untuk mendukung terwujudnya keberhasilan pelaksanaan sistem pemasyarakatan.

Guna mendukung hal tersebut, digelar kegiatan Pembinaan Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban pada Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan, Sabtu (28/8), bertempat di Lapas Kelas IIB Kayuagung.

“Penyelenggaraan pengamanan sendiri terdiri dari 3 (tiga) hal sebagaimana tercantum dalam Permenkumham Nomor 33 tahun 2015 yaitu Pencegahan, Penindakan dan Pemulihan. Sebagai salah satu dari upaya pencegahan, diperlukan adanya asah terampil kemampuan menembak, yang mana kegiatannya akan kita lakukan sebentar lagi dan dipandu langsung oleh tim dari Kodim 0402 Ogan Komering Ilir (OKI),” ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Indro Purwoko mengawali arahannya.

Kegiatan Pembinaan Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban ini juga dirangkaikan dengan Peresmian Lapangan Tembak dan Dapur Nyonyah, yaitu sarana edukasi bagi Dharma Wanita Lapas Kayuagung dalam hal pembuatan roti.

Turut mendampingi Kakanwil yaitu Kepala Divisi Pemasyarakatan Dadi Mulyadi, Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan Yunus M. Simangunsong, Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi Hamsir, Kepala UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel, Ketua Pengadilan Negeri, Kapolres OKI, Komandan Distrik Militer 0402 Kabupaten OKI yang diwakili oleh Kasdim 0402/OKI Mayor Chk Ernanda Laksanawan SH MHum , serta Forkopimda lainnya.

“Petugas pemasyarakatan harus dapat membangun kepercayaan diri, kemampuan fisik dan mental serta kecakapan personel dalam penggunaan senjata. Senjata sangat penting dalam melaksanakan tugas pengamanan. Maka saya berikan apresiasi pada Kalapas Kayuagung Reza Meidiansyah Purnama atas sumbangsihnya dalam membuat lapangan tembak ini. Kedepannya semoga konsisten meningkatkan pembinaan dan keterampilan menembak Petugas Pengamanan di Sumatera Selatan. Juga kepada peserta kegiatan dapat mengerahkan seluruh kemampuannya sehingga dapat mewakili Sumatera Selatan dalam perlombaan menembak yang rencananya dilaksanakan dalam rangka Hari Dharma Karyadhika tahun 2021,” lanjut Indro.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Kayu Agung, Reza Meidiansyah Purnama mengatakan bahwa pembangunan unit usaha kantin dapur nyonyah dan sarana latihan menembak tersebut merupakan salah satu upaya untuk meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Lapas Klas IIB Kayu Agung sendiri saat ini terus melakukan persiapan guna menuju predikat sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Di tahun 2021 ini, jajarannya berkomitmen untuk meraih predikat tersbut.

“Sebagai komitmen dalam penyelenggaraan pembinaan kepada warga binaan juga dalam rangka pembangunan zona integritas menuju WK, Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Kayu Agung hari ini meresmikan unit usaha Kantin Dapur Nyonyah dan sarana latihan menembak. Sebelumnya kami juga sudah meluncurkan Sarana Asimilasi dan Edukasi yang berfokus pada Budidaya Tanaman Anggur dan Alhamdulillah saat ini sudah panen,” jelas Reza di sela kegiatan berlangsung.

Sarana baru ini, lanjut Reza, bertujuan untuk mengoptimalkan pembinaan kemandirian dengan membaurkan narapidana ke tengah masyarakat dan membuka peluang partisipasi serta edukasi bagi masyarakat tentang kegiatan dan hasil produk di lapas sehingga dapat terciptanya citra positif penyelenggaraan sistem pemasyarakatan.

(dhi/dhi)

Related posts

Leave a Reply