Semarakkan Festival Palembang Darussalam XIX, Kerukunan Keluarga Palembang gelar Lomba MTQ dan Adzan

SUMSELNET.COM, PALEMBANG – Pembukaan Lomba MTQ dan Azan pada Festival Palembang Darussalam (FPD) XIX, yang digelar di Masjid Al-Falah jalan Rajawali, Selasa (27/4) berlangsung Khidmat.

Kegiatan yang merupakan rangkaian Festival Palembang Darussalam (FPD) XIX Tahun 2021 yang diselenggarakan Kerukunan Keluarga Palembang (KKP) bertempat di Graha Al Halim 27-29 April 2021.

Read More

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Sumsel, Aufa Syahrizal, S.P, M.Sc, Pembina Festival Palembang Darussalam, Sultan Palembang Darussalam Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama, SH Mkn, dan Idham Rianom S Sos selaku Ketua Forum Palembang Bangkit, Sekjen Kerukunan Keluarga Palembang (KKP) RHM Adi Rasidi.

Menurut Pembina Festival Palembang Darussalam, Sultan Palembang Darussalam Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama SH Mkn mengatakan, dengan adanya kegiatan Festival Palembang Darussalam ini menunjukan wong Palembang kompak.

Hal ini menurutnya, terbukti dengan terlaksanakanya kegiatan ini dengan bersemangat sehingga dengan kegiatan lomba MTQ dan adzan dapat ikut melestarikan nilai Islam, terutama di Palembang.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini terciptanya anak muda mencintai Al Quran dan pengazan yang baik. Terciptanya anak anak muda beramhlak mulia,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Sumsel, Aufa Syahrizal mengatakan, Festival Palembang Darussalam kali ini adalah yang ke 19. Karena, dua kali sempat tertunda.

“Kita harus patuh dengan protokol kesehatan. Mencuci tangan, memakai masker, memakai hand sanitizier, menjaga jarak dan menghindari kerumuman. Mari patuhi protokol kesehatan. Palembang ini zona merah. Kegiatan Festival Palembang Darussalam boleh berjalan, tapi harus menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Aufa Syahrizal mengajak sama-sama menjaga agar virus Corona tidak menyebar. “Kami siap mendukung, bahkan Pak Gubernur ingin kegiatan Festival Palembang Darussalam ini menggema, bukan hanya seremonial. Ajak keluarga Palembang memeriahkan kegiatan ini. Pada penutupan Festival Palembang Darussalam ini menggema dan diikuti seluruh keluarga Palembang,” katanya.

Sekjen Kerukunan Keluarga Palembang (KKP) RHM Adi Rasyidi menuturkan, pihaknya sangat berterima kasih atas dukungan Pemprov Sumsel dalam hal ini Gubernur Sumsel, sehingga lomba azan dan MTQ bisa terlaksana.

Pihaknya juga ikut melaksanakan protokol kesehatan, dengan menjaga penyebaran Covid mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

“Harapan kita, dengan MTQ dan adzan mencari bibit bagus qori dan qoriah terbaik dan azan terbaik di Palembang,” katanya.

Idham Rianom S Sos selaku Ketua Forum Palembang Bangkit mengatakan, ini kegiatan baik sekali. “Harapan kita dari sini muncul qori dan qoriah terbaik. Ini rutin dilaksanakan, menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat Palembang. Dari kegiatan ini, ada pembangunan spritual dengan adanya Palembang Darussalam,” katanya.

Koordinator Lomba MTQ dan Adzan Festival Palembang Darussalam (FPD) XIX Kerukunan Keluarga Palembang (KKP) Kemas Ruslan mengatakan, lomba MTQ dan azan tingkat Palembang berjumlah 204 orang, terdiri dari qoriah 30, qori 47, dan lomba adzan 127 peserta. Terdiri dari perorang, majelis taklim, dan ponpes. Kegiatan berlangsung dari 27-29 April.

(cca/cca)

Related posts

Leave a Reply