Ini Isi Materi “Kursi” Pra Nikah untuk Calon Pengantin Inisiasi BKPRMI Palembang

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pengurus Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) kota Palembang menggelar Kursus Singkat (Kursi) Pra nikah di gelar di Masjid Nurul Huda Palembang, Minggu (4/4/2021).

SumselNet.com, Palembang – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pengurus Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Palembang menggelar kursus singkat (kursi) Pra Nikah bagi remaja-remaja calon pengantin.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Nurul Huda Palembang dan menghadirkan narasumber dr Yuliarni MKes dari Direktur Daerah (Dirda) LPPKM yang juga menjabat sebagai sekretaris Dinas Kesehatan Kota Palembang.

Read More

“Kami mengapresiasi BKPRMI terhadap kegiatan yang dilakukan karena ini salah satu bentuk edukasi kepada remaja-remaja kita yang akan menikah,” kata dr Yuliarni didampingi Ketua DPD BKPRMI Kota Palembang HM Ifan Fahriansyah, Minggu (4/4/2021).

Dalam materinya dr Yuliarni mengatakan, kursus pra nikah dibutuhkan setiap pasangan calon pengantin karena angka pernikahan dan perceraian yang cukup tinggi.

“Jadi bagaimana kita mengedukasi meningkatkan satu sisi adalah pengetahuan baik itu dari segi kesehatan, fiqih dan tata kelola keuangan rumah tangga,” kata dia.

Selain itu, lanjut dr Yuliarni, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada calon pengantin.

“Karena kita mengetahui bahwa membina rumah tangga bukanlah perkara yang kecil karena bersatunya bukan menyatukan dua orang saja tetapi juga menyatukan dua keluarga besar yang dari satu sisi mungkin ada perbedaan baik dari pola didik, berbeda adat, berbeda budaya, dan berbeda kebiasaan,” urainya.

Dalam menyikapi, lanjut dia, meluruskan niat bahwa menikah itu adalah melaksanakan perintah Rasulullah menyempurnakan agama.

“Jadi kita kembalikan tantangan itu dalam mahligai rumah tangga bisa di hadapi,” ujarnya.

“Harapanya dari kegiatan ini juga calon pengantin kita ini memiliki pengetahuan bagaimana menghadapi kehidupan berumah tangga yang akan mereka hadapi. Kegiatan ini di lakukan sangat positif dan bisa diadakan di berbagai tempat atau masjid karena ini sangat positif untuk calon pengantinnya,” ucap dia.

Hal lain yang diajarkan dalam kursus singkat pranikah juga datang dari Dr Uswatun Hasanah MAg yang menjabat sebagai Dirda LPPKS sekaligus sekretaris S3 UIN Raden Fatah.

Menurut Uswatun Hasanah, kegiatan di dalam lembaga Sakinah Center. Sakinah artinya di dalam lembaga ini kita akan mengusung tiga kegiatan.

“Yang pertama ke sakinahan dan yang kedua kegiatannya yaitu kegiatan pra nikah dan pasca nikah. Yang kedua kegiatan terutama untuk anak-anak-anak sebelum sekolah atau pra sekolah,” ungkapnya.

“Jadi menikah adalah sakinah, kegiatannya yaitu kegiatan yang pertamanya itu pembekalan untuk menuju pernikahan agar pernikahannya langgeng, sakinah, mawadah, warohmah,” kata dia.

Adapun materi-materi lainnya yang disampaikan adalah tiga komponen penting yang harus dimiliki oleh seseorang sebelum ia memutuskan untuk menikah.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pengurus Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) kota Palembang menggelar Kursus Singkat (Kursi) Pra nikah di gelar di Masjid Nurul Huda Palembang, Minggu (4/4/2021).

“Yaitu pengetahuan tentang fiqih, tentang agama dan yang kedua yaitu masalah kesehatan reproduksi karena memang menikah itu biasanya akan menginginkan hadirnya anak-anak yang sholeh dan sholehah. Dan yang ketiga ini masalah manajemen keuangan,” urainya.

Uswatun berharap dari program pemerintah dan BPKRMI dan tiga aspek tadi agar paham tentang sebuah pernikahan.

“Dan masyarakat ini paham tentang masalah fiqih masalah hukum Islam masalahnya adalah bagaimana Islam memandang tentang sebuah Pernikahan,” pungkasnya.

(cca/cca)

Related posts

Leave a Reply