Dukung Penanganan Covid-19, Kapolres OKI Tinjau Vaksinasi bagi Lansia di Kayuagung

Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy SH SIK MSi meninjau vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat berusia lanjut (lansia) di Kayu Agung, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (1/4/2021).

SumselNet.com, OKI – Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy SH SIK MSi meninjau vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat berusia lanjut (lansia) di Kayu Agung, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (1/4/2021).

AKBP Alamsyah didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI Iwan Setiawan. Kegiatan diawali dengan meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Celikah.

Read More

“Dalam mewujudkan transformasi di bidang operasional pada Program Pemantapan Dukungan Polri dalam Penanganan Covid-19, hari ini saya didampingi Kadinkes meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi para lansia,” ungkap AKBP Alamsyah.

Dalam kegiatan ini, sebelum pelaksanaan vaksinasi Tim Urkes bersama Satbinmas Polres OKI menjemput 6 lansia yang telah di datakan untuk mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan di Puskesmas Celikah.

Alamsyah menegaskan, program vaksinasi nasional harus didukung agar bisa membentuk kekebalan komunitas yang dibutuhkan dalam upaya menekan pandemi.

“Polri akan terus membantu pemerintah mempercepat pelaksanaan program vaksinasi nasional, salah satunya dengan membantu pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas,” kata Alamsyah.

Selain itu, AKBP Alamsyah juga mengapresiasi antusiasme para lansia dalam menerima vaksin.

Kapolres menuturkan, partisipasi aktif masyarakat dalam program vaksinasi sangat dibutuhkan agar dapat mempercepat pemulihan perekonomian nasional.

“Kita berharap semoga upaya ini dapat membantu pencapaian target 1 juta orang divaksin setiap harinya agar segera terbentuk herd immunity,” ucap Kapolres.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres OKI juga memberikan tali asih berupa bansos terhadap lansia yang mengikuti vaksinasi, sebagai bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat.

Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy SH SIK MSi meninjau vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat berusia lanjut (lansia) di Kayu Agung, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (1/4/2021).

Adapun tahapan yang dilaksanakan dalam vaksinasi adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan cuci tangan & pemeriksaan suhu tubuh
  2. Pendaftaran/Administrasi vaksinator
  3. Pengecekan Tensi darah, dengan catatan vaksinator yang memiliki tensi normal yang dapat mengikuti vaksinasi, sedangkan bagi vaksinator yang memiliki tekanan darah tinggi/rendah tidak diperbolehkan untuk divaksin.
  4. Skrining tes tentang riwayat kesehatan/sakit yang pernah di derita oleh vaksinator
  5. Pemberian Vaksin yang dilakukan oleh Dokter
  6. Pencatatan & Observasi. Vaksinator menunggu 30 menit setelah divaksin untuk mengetahui reaksi/gejala setelah melakukan vaksinasi, dalam Observasi ini Tim Puskesmas memberikan Edukasi dan surat pernyataan bahwa sudah divaksin selanjutnya vaksin akan kembali diberikan pada 24 hari kedepan.

(dhi/dhi)

Related posts

Leave a Reply