Buka Layanan Dumas Presisi, Kapolres OKI: Siapapun yang Memberikan Laporan, Kita Akan Lindungi!

Kapolres OKI, AKBP Alamsyah Pelupessy SH SIK MSi, membuka layanan Dumas Presisi di Gedung SPKT Polres OKI, Selasa (23/3/2021) pagi.

SumselNet.com, Palembang – Kepolisian Resor Ogan Komering Ilir atau Polres OKI meluncurkan aplikasi Dumas Presisi, yang memiliki kepanjangan Pengaduan Masyarakat Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan.

Aplikasi terusan dari Mabes Polri itu diluncurkan di OKI, Selasa (23/3/2021). Aplikasi ini bertujuan mewujudkan transparansi dan handling complaint masyarakat. Masyarakat nantinya bisa melakukan pengaduan terkait kinerja aparat kepolisian melalui aplikasi tersebut.

Read More

Aplikasi Dumas Presisi ini bisa diunduh melalui Google Play Store yang tersedia di telepon seluler. 

“Dumas Presisi ini memudahkan masyarakat untuk melaporkan terkait kinerja Polri yang tadinya secara konvensional saat komplain dan harus datang ke kantor polisi, namun saat ini bisa disampaikan melalui smartphone android. Masyarakat tinggal mendownload aplikasi dumas presisi, kemudian ketika masyarakat bermasalah dengan Polri disitu bisa dimasukkan komplainnya dan langsung direspon oleh petugas kita yang 24 jam memantau,” ujar Kapolres OKI, AKBP Alamsyah Pelupessy SH SIK MSi, di Kayu Agung, Selasa pagi.

AKBP Alamsyah menambahkan, pengaduan masyarakat melalui aplikasi Dumas Presisi akan ditangani secara terpadu oleh satuan kerja (satker). Satuan yang menangani aduan ini meliputi Siwas, Propam, Reskrim, Humas, dan tim IT.

Pengaduan akan ditangani satuan tersebut secara daring sehingga masyarakat tidak perlu bertatap muka dengan aparat kepolisian dalam menyampaikan keluhan.

Namun, bagi masyarakat yang tidak memiliki smartphone android juga bisa menyampaikan laporan secara langsung ke kantor polisi. Nantinya, di kantor polisi masyarakat akan dibantu petugas menginput laporan pengaduannya di aplikasi tersebut.

Setelah melapor, masyarakat bisa memantau perkembangan pengaduannya melalui aplikasi Dumas Presisi tersebut. Kapolres berharap dengan adanya aplikasi ini masyarakat menjadi lebih terbantu dan tersalurkan dalam pengaduannya.

“Kami berharap agar masyarakat dalam membuat pengaduan benar-benar bertanggungjawab dan bukan sekadar laporan palsu,” terang AKBP Alamsyah Pelupessy.

Kapolres OKI, AKBP Alamsyah Pelupessy SH SIK MSi, membuka layanan Dumas Presisi di Gedung SPKT Polres OKI, Selasa (23/3/2021) pagi.

Untuk setiap laporan yang masuk dari masyarakat melalui aplikasi Dumas Presisi, Polri menegaskan akan tetap mengklarifikasi terlebih dahulu.

Selain itu, secara internal, Kapolres OKI akan terus menekankan para anggotanya untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kualitasnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Sehingga diharapkan tidak ada komplain dari masyarakat terhadap kinerja Polri, terlebih lagi di era Police 4.0 ini semua serba terbuka. Masyarakat dimana saja bisa mengakses dan Polri sudah harus siap menjawab tantangan itu,” terang AKBP Alamsyah.

“Dan siapapun yang memberikan laporan kita akan lindungi, nanti akan ada konsultasi jadi jika terjadi intimidasi, mereka bisa langsung menyampaikan komplainnya kepada pihak kepolisian,” pungkasnya.

(dhi/dhi)

Related posts

Leave a Reply