Persiapan USP 2021, SMAN 5 Palembang Gelar Rapat Bersama Orang Tua Siswa

Drs Taufik MSi Kepala SMAN 5 Palembang

SUMSELNET.COM, Palembang – Selain mempersiapkan pelaksanaan ujian satuan pendidikan (USP), Sabtu (20/3/2021) SMA Negeri 5 Palembang melakukan rapat bersama para orang tua terkait dengan pelaksanaan USP dan ditiadakannya ujian nasional (UN) di Aula Gedung SMA Negeri 5 Palembang..

“Rapat hari ini membahas tentang penawaran bentuk ujian satuan pendidikan tahun pelajaran 2020-2021 yang di hadiri para wali murid yang telah mendapat undangan dari sekolah,” terang Drs Taufik MSi Kepala SMAN 5 Palembang, Sabtu (20/3/2021).

Read More

Drs Taufik MSi mengatakan, bahwa siswa yang ikut ujian satuan pendidikan tahun ini berjumlah 268 siswa. Terdiri dari kelas 12 IPA sebanyak 7 Ruang Belajar dan kelas IPS 1 ruang belajar.

“Jika sudah selama 3 tahun mengikuti belajar di SMA Negeri 5 Palembang maka bisa mengikuti ujian satuan pendidikan,” urainya.

Sementara untuk teknis USP tahun ajaran 2020-2021, lanjut Taufik, saat ini sedang di jajakan dan sesuai keinginan orang tua serta sesuai Permendikbud No 1 tahun 2021.

“Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dilaksanakan dalam bentuk portofolio evaluasi siswa meliputi evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap atau prilaku, hingga prestasi yang diperoleh. Diantaranya penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya,” jelasnya.

Bentuk berikutnya, lanjut Taufik, adalah penugasan yaitu membuat tugas dari semester 5 dan 6 dari sekolah untuk semua mata pelajaran dari setiap guru mata pelajaran.

“Bentuk selanjutnya adalah tes luring atau daring. Tes Luring yaitu siswa melaksanakan tes di sekolah berbasis kertas. Tes daring yaitu siswa yang melaksanakan tes dengan aplikasi di rumah apabila terkendala di jaringan sekolah tidak bertanggung jawab dan tidak ada penambahan waktu dengan mempersiapkan 2 gawai untuk mengerjakan ujian dan mengaktifkan kamera selama ujian berlangsung. Sementara bentuk terakhir atau yang keempat adalah kegiatan lain yang ditetapkan sekolah,” papar Taufik.

Selanjutnya, sambung Taufik, pihaknya akan menyerahkan kepada wali murid untuk memilih, sesuai instruksi kita tidak satupun yang ikut, berbeda tetap dilayani.

“Harapannya USP ini dapat persetujuan benar-benar dari orang tua dan tidak ada lagi tumpang tindih saling tuduh dan kita akan menghilangkan kekhawatiran orang tua,” pungkasnya.

(cca/cca)

Related posts

Leave a Reply