Rapat Teknis Kominfo 2021, Sinergikan Program Kegiatan antara Pemerintah daerah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat

SUMSELNET.COM, Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Selatan melaksanakan Rapat Teknis (Evaluasi Kinerja) dengan Tema ‘Harmonisasi dan Sinergitas dalam Membangun Tata Kelola SPBE, Satu Data Sumsel dan Konektivitas Wilayah Sumsel Menuju Transformasi Digital’,” Kamis, (18/3/ 2021) kemarin.   

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Ratek dibuka Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Prof. Edwar Juliartha dan diikuti oleh Dinas Kominfo dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan.  

Read More

Mengutip pernyataan Gubernur Herman Deru, Edwar mengatakan, Provinsi Sumatera ibarat rangkaian puzzle, artinya setiap daerah memiliki peran dalam menyusun dan berkontribusi dalam merangkai pembangunan untuk Sumsel.  Dengan kesamaan persepsi dan kesamaan data yang dimiliki akan mempermudah mewujudkan tujuan Sumsel Maju untuk Semua.

“SPBE memberikan landasan dalam koordinasi dalam mewujudkan tata kelola menuju satu data di Sumsel . Tentunya dengan memperhatikan tiga hal yaitu situasi, kondisi dan toleransi (internal dan eksternal).  Terkait satu data, Provinsi Sumsel telah memiliki aplikasi berbasis web dan android, SIMATA Sumsel,  (Sistem Informasi Satu Data Sumsel). Aplikasi ini merupakan portal yang memuat data sektoral dari berbagai OPD, nantinya setiap daerah di Kabupaten/Kota dapat membuat dan menginput  data di daerah masing-masing dan menggabungkan serta dapat terhubung dengan SIMATA Sumsel,” jelas Edwar.

ad

Melalui Ratek Kominfo ini, lanjut Edwar, diharapkan dapat mensinergikan program kegiatan antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat sehingga  dapat memberikan arahan kebijakan dengan merencanakan, mengaplikasikan dan mengevaluasikan di daerah masing-masing.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Kominfo Provinsi Sumsel H. Achmad Rizwan, SSTP, MM dalam laporannya menyampaikan, ada beberapa hal yang dibahas dalam ratek ini, yaitu mewujudkan pengelolaan SPBE berbasis rencana induk SPBE, mewujudkan keselarasan antara pengelolaan SPBE di dinas dan perangkat daerah, tersedianya sistem informasi satu data Sumsel yang akurat serta meningkatkan akses komunikasi dan informasi bagi masyarakat Sumatera Selatan.

Lebih lanjut Rizwan mengatakan, di tengah Pandemi Covid-19 yang masih melanda saat ini, dimana setiap kegiatan dilakukan secara virtual. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya menyediakan fasilitas Internet bagi masyarakat Desa. 

“Melalui Program Gubernur Herman Deru, Program Internet Desa dan Web Desa untuk meningkatkan konektivitas antar daerah di Sumatera Selatan serta menjadi solusi masyarakat di masa Pandemi Covid-19. Untuk Internet Desa, hingga saat ini  telah tersedia  170 Desa web desa dan  51 internet Desa.  Kedepan akan ditambah secara bertahap,” jelasnya.

Pada kegiatan Ratek Kominfo 2021 ini, dipaparkan materi dari para  narasumber antara lain Kasubdit  Jasa Telekomunikasi Ditjen PPI, Kementerian Kominfo RI, Gunawan Hutagalung yang hadir secara virtual, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sumsel, Ir. Endang Tri Wahyuningsih, MM dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumsel, H. Wilson, S.Sos, MM

Kasubdit Jasa Telekomunikasi Ditjen PPI, Kementerian Kominfo RI, Gunawan Hutagalung dalam materinya memaparkan tentang peran Kominfo mendukung Transformasi Digital di Daerah.  

“Sesuai arahan Presiden RI bahwa dalam masa Pandemi Covid-19 dapat dijadikan mempercepat Transformasi Digital. Dimana setiap kegiatan yang dilakukan secara langsung bertatap muka, namun di masa pandemi kita harus membatasi kegiatan bertemu langsung dan dialihkan ke virtual. Walaupun dalam jarak jauh, tapi dengan memanfaatkan teknologi yang ada dapat berkomunikasi dengan baik,” terangnya.

Sementara Kepala BPS Sumsel, Ir. Endang Tri Wahyuningsih, MM dalam Ratek tersebut memaparkan tentang Peran BPS dalam mendukung Satu Data Sumsel dimana saat ini satu data Indonesia adalah satu hal yang penting.   

“Pergub 64 tahun 2021 tentang Satu Data Sumsel, adalah wujud dukungan Gubernur Sumatera Selatan dalam mempercepat terwujudnya Satu data Sumsel sebagai bagian dari satu Data Indonesia,” jelas  Endang.

Sedangkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov Sumsel, H. Wilson, S.Sos, MM Wilson memaparkan tentang Peran Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam menunjang konektivitas Wilayah Sumatera Selatan.  

Di akhir Ratek Kominfo 2021, diadakan Desk untuk membahas sinkronisasi kegiatan antara Diskominfo Kabupaten/Kota dengan Diskominfo Provinsi Sumatera Selatan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, SPBE dan Statistik. 

(cca/cca)

Related posts

Leave a Reply