Dilaunching Kapolda, RS Bhayangkara Palembang Kini Miliki 4 Alat Kesehatan Modern

SUMSELNET.COM, Palembang – Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Eko Indra Heri didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, me-launching empat macam alat kesehatan yang akan mempermudah para medis dalam mendeteksi penyakit yang diderita pasien. Alat ini merupakan satu-satunya yang ada di wilayah Sumatera Selatan.

Empat macam alat kesehatan tersebut yakni Ureteroscopic Lithotripsy, Laparoskopi, Genose, Unit Tranfusi Darah dan Terapi Plasma Convalescent.

Read More

“Launching beberapa alat kesehatan ini diharapkan akan mempermudah memberikan pelayanan kepada pasien,” kata Irjen Pol Eko Indra Heri dalam sambutannya di RS Bhayangkara Moh Hasan Palembang, Jalan Jend. Sudirman Kecamatan Kemuning, Kota Palembang, Jumat (19/3/2021).

Eko Indra menuturkan dengan berbagai alat yang dihadirkan, kita mengapresiasi apa yang dilakukan Kabid Dokes dan Karumkit dalam peningkatan fasilitas.

“Semua ini hanya alat dan manusialah yang mengerjakan. Oleh sebab itu, saya minta Karumkit dan Kabid untuk menyiapkan SDM yang unggul dan ramah. Alhamdulilah semua ramah,” tambahnya.

Sementara, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara AKBP Wahono menjelaskan unit Genose sebagai alat deteksi dini Covid-19 ini merupakan satu-satunya ada di wilayah Sumatera Selatan.

“Alat buatan Universitas Gajah Mada Yogyakarta itu dapat melakukan screening lebih cepat dari rapid maupun Polymarese Chain Reaction (PCR). Efektivitasnya juga cukup tinggi dalam mendeteksi seseorang yang hanya memakan waktu selama 80 detik. Efektivitisnya 80 sampai 95 persen, tapi memang bukan gold standart untuk mendeteksi Covid-19,” tutupnya.

Dikatakan Wahono, cara kerja alat ini cukup simpel. Seseorang cukup mengembuskan napas ke kantong udara dan dalam waktu hitungan menit hasilnya diketahui.

“Jika seseorang dinyatakan positif versi Genose, maka diharuskan menjalani tes PCR dan isolasi mandiri,” ujarnya.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri sendiri menyatakan, pihaknya berencana memasang Genose di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan gedung Mapolda Sumsel. Dalam waktu dekat, sejumlah personil akan dilatih untuk mengoperasikannya.

“Selain anggota, masyarakat juga bisa dideteksi ketika berkunjung ke Polda Sumsel. Alat ini cukup mudah dioperasikan dan juga mudah dibawa,” pungkasnya.

Launching 4 alat kesehatan terbaru RS Bhayangkara Moh Hasan Palembang selain dihadiri Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S MM juga didampingi oleh Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan Sik SH MH, Kadinkes Provinsi Sumsel Dra Lesty Nurainy Apt MKes, Kadinkes Kota Palembang Dr Hj Fauzia MKes, Ketua PP Polri diwakili Kombes Pol Purn Munandar Bakri SH MH dan PJU Polda Sumsel.

(cca/cca)

Related posts

Leave a Reply