Ungkap Kasus Curat, Polres OKI Tangkap 2 Tersangka di Wilayah Berbeda

Tersangka A (kiri) pelaku Curat yang berhasil diamankan Polsek Mesuji dan Tersangka MBH (kanan) pelaku curat yang ditangkap oleh Polsek Air Sugihan

SUMSELNET.COM, OKI – Kepolisian Resor (Polres) Ogan Komering Ilir berhasil mengungkap 2 kasus pencurian dengan pemberatan yang terjadi di wilayah hukum Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Dari kedua kasus tersebut, polisi berhasil mengamankan 2 tersangka. Pengungkapan kasus tersebut secara tertulis diterima SumselNet.com, Minggu (20/12).

Read More

Kapolres OKI, AKBP Alamsyah Pelupessy SH SIK MSi melalui Kasubag Humas AKP Iryansyah SH mengatakan, kedua tersangka melakukan pencurian dengan pemberatan (Curat) di dua wilayah yang berbeda.

“Kita sudah menangkap 2 tersangka kasus Curat dengan rincian 1 orang ditangkap oleh Tim Macan Komering Polsek Mesuji dan 1 orang lagi diamankan oleh tim opsnal Macan Komering Polsek Air sugihan,” ujar Iryansyah.

Iryansyah menjelaskan, tindak pidana curat berhasil di ungkap Polsek Mesuji yang terjadi pada hari Minggu 22 November 2020 sekira pukul 13.30 Wib di desa Pematang Panggang Dusun VII Kecamatan Mesuji, Ogan Komering Ilir tepatnya di rumah korban Citra Ningsih yang dilakukan oleh tersangka dengan inisial A.

Lebih lanjut, dijelaskan, aksi tersangka dalam melakukan pencurian dengan cara memanjat dan membuka genteng rumah korban kemudian pelaku masuk kedalam kamar dengan cara mencongkel pintu kamar dan merusak pintu lemari.

“Setelah berhasil membuka lemari pelaku mengambil uang tunai sebesar Rp 60.000.000 dan perhiasan berupa 1 kalung dan Cincin Emas seberat 1 suku. Usai mendapatkan barang hasil curian tersebut, pelaku keluar dari rumah korban melalui pintu depan dan terlihat oleh suami korban namun suami korban tidak curiga karena pelaku sering ke rumah korban,” jelasnya.

“Setelah masuk kedalam rumah ternyata posisi kamar dan lemari sudah berantakan, sang suami pun mencari pelaku, namun sudah tidak ada lagi. Atas terjadinya pencurian tersebut korban mengalami kerugian di tafsir sebesar Rp. 64.000.000 (Enam Puluh Empat Juta Rupiah),” imbuhnya.

Tim macan Komering Polsek Mesuji pada hari Sabtu 19 Desember 2020 sekira pukul 13.00 wib akhirnya mendapatkan informasi bahwa pelaku berada di Desa Gelumbang Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim.

“Mendapat informasi tersebut, Team Macan Komering Polsek Mesuji yang di pimpin Kapolsek Mesuji AKP Bustomi SH MH beserta Kanit Reskrim Polsek Mesuji IPDA Agus masyudhi SH menuju lokasi dan melakukan pengintaian dan penangkapan. Jam 16.00 Wib pelaku terlihat sedang berada di dalam kosan, team pun langsung melakukan penggeledahan dan penangkapan terhadap pelaku tanpa perlawanan. Berdasarkan keterangan pelaku, semua barang yang berada dalam kontrakan tersebut merupakan barang yang di beli dari hasil uang curian, sehingga team macan komering melakukan penyitaan barang bukti, kemudian pelaku dan barang bukti tersebut di amankan di Polsek Mesuji,” papar Iryansyah.

Kemudian tindak pidana Curat berikutnya berhasil diungkap team Opsnal Macan Komering Polsek Air Sugihan, pada hari Jumat tanggal 18 Desember 2020 sekira jam 18.30 wib yang dilakukan oleh tersangka berinisial MBH (29) di Areal PT OKI PULP & PAPER MILLS dusun Sungai Baung Desa Bukit Batu Kecamatan Air Sugihan, Ogan Komering Ilir.

Tersangka yang berprofesi sebagai sopir mobil truk logging melakukan aksi pencurian dengan cara masuk keareal PT OKI Pulp & Paper Mills dengan membawa kayu gelondongan, kemudian pada saat mau keluar areal, pelaku mengambil besi pemotong milik perusahaan sebanyak 4 keping. Atas perbuatan pelaku pihak perusahaan mengalami kerugian lebih kurang sebesar Rp. 10.000.000,- ( sepuluh juta rupiah) dan pihak perusahaan membuat pengaduan ke SPKT Polsek Air sugihan.

“Atas dasar laporan pengaduan korban tersebut, pada Sabtu 19 Desember 2020 sekira pukul 02.00 wib, tim opsnal Macan Komering Polsek Air sugihan di pimpin oleh Kapolsek IPDA M Indra Gunawan SH MSi didampingi Kanit Reskrim AIPDA Meiza Edwar ST MSi beserta anggota melakukan penangkapan terhadap pelaku di seputaran areal PT OKI PULP & PAPER MILLS,” terang dia.

Dari tangan pelaku, lanjut Iryansyah, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 4 ( empat) keping besi Chipper Knife, yang jika dinilai dengan uang sebesar Rp.10 juta, dan juga diamankan 1 unit kendaraan truk logging yang digunakan oleh pelaku untuk membawa barang hasil curiannya.

“Saat ini pelaku dan barang bukti sudah dibawa dan diamankan di Mapolsek Air Sugihan guna proses sidik lebih lanjut,” pungkasnya. (ssn3)

Related posts

Leave a Reply