Miliki Ratusan Megalitikum, Air Terjun Hingga Panorama Alam, Pariwisata Lahat Terus Digenjot

LAHAT – Dua tahun terakhir, Pemkab Lahat melalui Dinas Pariwisata terus berupaya meningkatkan pariwisata di Bumi Seganti Setungguan.

Diungkapkan Kadis Pariwisata Lahat Syafrani Cikmin bahwa dua tahun terakhir ini, beberapa hal telah dilakukan. Baik itu pembangunan fisik maupun non fisik. Fisik seperti pembangunan di Curup Maung sepeti Gazebo, Baliho, jalan setapak, toilet dan lainnya. Juga pembangunan di Taman Wisata Ribang Kemambang.

Read More
Kadin Pariwisata Kab. Lahat Syafrani Cikmin dan staf

Lalu untuk non fisik seperti pembuatan Perda tentang pariwisata. “Saat ini sudah di Biro Hukum, dan dalam proses pembuatan Raperda. Pentingnya regulasi ini untuk perkembangan objek wisata dan pariwisata Lahat,” ungkap Safrani Cik Min didampingi Staff Khusus Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mario Andramatik, Jumat (20/11).

Selain itu beberapa pelatihan juga dilakukan seperti pelatihan home stay, tata kelola wisata maupun pembentukan kelompok sadar wisata. “Karena pariwisata ini, memang perlu dukungan masyarakat sekitar, pemerintah dan media,” ungkapnya.

Batu Megalitikum Lahat

Kabupaten Lahat sendiri, lanjutnya memiliki beberapa julukan seperti 1001 air terjun, 1001 megalitik dan lainnya. Untuk objek wisata Lahat juga cukup banyak, seperti air terjun, panorama alam, megalitikum, agrowisata, dan lainnya. Saat ini beberapa objek wisata yang mulai dikenal luas seperti Pelancu, Green canyon, Curup Maung, Curup Bambu/ Tujuh Tinggat, Bukit Besak, dan agrowisata Tanjung Sakti serta masih banyak lagi. “Setiap wekend dan hari besar, Kabupaten Lahat menjadi salah satu destinasi wisata. Bahkan untuk Bukit Besak, pendakian bisa mencapai ribuan tiap tahunnya,” tambah Mario Andramatik.(ar)

Related posts

Leave a Reply