Pemukiman Padat Penduduk di Pasar Bawah Lahat Ludes Terbakar


SUMSELNET.COM, LAHAT – Puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi akibat kebakaran hebat di kawasan Pasar Bawah, Gang Lurah, Kelurahan Pasar Bawah, Kecamatan Lahat sekitar pukul 15.00 WIB, Ahad (4/10/2020). 

Informasi yang dihimpun, angin yang kencang dan cuaca panas membuat api semakin membesar. Belum diketahui dengan jelas penyebab kebakaran. Namun sebelumnya api berawal dari dapur rumah tangga. Lalu dalam kurun waktu satu jam, api dengan cepat membakar rumah yang berada di pemukiman padat penduduk tersebut. 

Read More
Tampak Puluhan Rumah Ludes Terbakar di Pasar Bawah Lahat, Ahad, 14/10/2020

“Kejadiannya sekitar pukul tiga sore. Di RT 3 dan RT 4 kejadiannya. Api cepat membesar,” ujar Romlah warga Pasar Bawah.

Sementara Tirta warga setempat mengungkapkan untuk kepala keluarga yang mengungsi mungkin puluhan. Sementara untuk rumah yang terbakar bisa 20 rumah lebih. “Untuk korban belum tahu berapa banyak. Begitupun yang mengalami luka- luka,” ungkapnya.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat mengungkapkan jumlah rumah ludes terbakar sebanyak 57 rumah dan rusak ringan sebanyak 24 buah rumah.

“RT 04, 10 rumah habis terbakar. Rusak ringan 2 rumah. RT 03, 57 rumah habis terbakar. Rusak ringan 22 rumah. Jumlah keseluruhan 57 rumah habis terbakar dan 24 rumak rusan ringan,” tulis Okta, anggota TRC.

Tampak Puing-Puing Sisa Rumah Terbakar di Pasar Bawah Lahat, Ahad, 4/10/2020

Begitu mendapatkan informasi ada kebakaran rumah di pemukiman padat penduduk, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui Kepala Bidang II langsung memerintahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk memadamkan api.

“Kepala BPBD Kab.Lahat melalui kabid bid II memerintahkan Tim TRC Kab.Lahat langsung terjun ke lokasi untuk membantu pemadaman menggunakan mobil tangki air BPBD Kab.Lahat yang berkapasitas 5000 L,” ungkap Okta.

Saat berita ini diturunkan, api sudah daapt dipadamkan oleh regu TRC dibantu TNI, Polri dan masyarakat sekitar yang turut membantu memadamkan api dengan semampunya.

Wakil Bupati Lahat Haryanto, Langsung Meninjau Lokasi Kejadian, Ahad, 4/10/2020

Unit kendaraan pemadam kebakaran yang diturunkan berasal dari berbagai unsur seperti, Damkar PT Primanaya, Damkar Lahat, Damkar Muara Enim, Damkar PT WBK dan Damkar Pagar Alam. (Ar)

Sementara itu, Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM MBA langsung mendatangi lokasi kejadian. Pihaknya segera membangun dapur umum serta obatan- obatan yang berada tak jauh dari lokasi kebakaran. “Kita buat posko pengungsian untuk sementara. Sekaligus membuat dapur umum dan menyediakan obat- obatan serta mendata jumlah korban,” ungkap Haryanto didampingi Kadis Pol P H Pauzan Khoiri.

Lalu Kapolres Lahat AKBP Ahmad Gusti Hartono melalui Kapolsek Kota Lahat AKP Irsan Rumsi menambahkan bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran. “Untuk kerugian juga belum bisa ditaksir,” tegasnya.(ar)

Related posts

Leave a Reply